Ttg Homeschooling (3)

Banyak sekali hikmah yang bisa aku ambil dari "keputusan HS" ini
Banyak sekali upgrade ilmu yang aku dapat dari berbagai blog para pelaku HS

Tiada kata lain selain HEBAT dan SALUT
masih terlintas apakah aku mampu menjalankannya
namun berbekal niat kuat untuk mengembangkan Abimanyu-ku sesuai dengan minat bakatnya,
membuatku semangat dan semakin kuat untuk menjalankan HS ini

Ada teman yang berpesan..
"Pilihan hebat.. hanya kalian yang harus betul kasih tau Abi kenapa menjalankan HS, di saat teman lainnya dipilihkan sekolah oleh orang tua nya"

Aku setuju dengan itu, dan itu sangat betul
Apalagi nanti kalo menghadapi respon keluarga besar yang notabene adalah para akademisi >.<
Baca di grup FB Komunitas HS pun, ternyata banyak juga yang mengalami kejadian seperti yang mungkin akan aku alami nantinya hehehehe....
Dan aku bersyukur, banyak sekali motivasi-motivasi yang saling di-sharing kan di grup ini dan juga sangat inspiratif

Sekitar bulan Mei ini,
aku mulai menjalankan HS dalam arti, beberapa kegiatan yang aku tawarkan ke Abi mengacu pada anjuran materi yang dilakukan juga oleh para HSer; seperti:
- materi secara keseluruhan, aku mengacu pada Lesson Pathways  ada juga Homeschool Creation
- materi belajar math yang fun, aku mendaftar di IXL Math
- materi ketrampilan seru-seru, selain aku baca di buku "Slow & Steady Get Me Ready", aku juga mempelajari di http://horazwiwik.blogspot.com

sepertinya masih banyak lagi sumber lain
karena kalo kita googling dengan kata kunci "homeschool" saja, hasilnya banyak banget lho...
artinya apa? sudah banyak keluarga yang mengambil tanggung jawab penuh terhadap sistem dan metode juga materi pendidikan untuk anak-anaknya
selain itu, beberapa yayasan [terutama di luar negeri], yang sangat friendly membagikan apapun yang dibutuhkan oleh para HSer

Bersyukur, Abimanyu-ku justru menikmati kegiatannya di rumah
ketika aku tanya, "Mas, besok setelah KB selesai, Abi bermain belajar di rumah sama mamapapa mau gak?" .. tanpa diduga Abi langsung mengiyakan.
Juga bersyukur punya suami yang sangat mendukung.. love papa..

Seperti kata Pak Aar Sumardiono [pelaku HS dan penulis beberapa Buku panduan HS], bahwa saat ini [masa balita] yang terpenting adalah "bonding", membangun ikatan yang baik dengan anak, menurutku terutama komunikasi ya..
supaya anak mudah bercerita apapun kepada kita sebagai orang tua yang secara paralel juga harus memposisikan diri sebagai teman, kalo bonding ini kuat.. maka ke depannya akan jauh lebih mudah.

Menjadi pelaku HS, yang terpenting adalah dokumentasi..
apapun kegiatan yang dikerjakan, terutama yang akan terkait nantinya dengan prosedur akademik

Jadi concern kami adalah HS untuk masa balita dulu...
supaya bisa berlanjut sampai SD.. hehehe..
AMIN.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BOOK: Day by Day with My Son

Dua Guru Kecilku

Motivasi Berserah Diri